2024, Laba CIMB Niaga Rp 8,7 Triliun

Ekonomi114 Dilihat
Jakarta, Focuskini
PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga” atau :Bank”; IDX: BNGA) hari ini mengumumkan laporan keuangan tahun 2024, dengan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,7 triliun, meningkat 4,4% year-on-year (Y-o-Y). Kinerja ini menghasilkan earnings per share sebesar Rp271,59, yang turut berkontribusi pada pertumbuhan bisnis Bank.
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, “Kinerja kami di tahun 2024 mencerminkan keberhasilan strategi Forward23+ dalam menjaga pertumbuhan berkelanjutan di berbagai segmen bisnis utama. Berkat strategi ini, kami dapat menghadirkan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta memberikan nilai positif bagi masyarakat luas, dengan tetap berfokus pada inovasi digital dan meningkatkan customer experience. Selain itu, komitmen kami dalam menjaga kualitas aset yang baik tercermin dalam penurunan rasio gross non-performing loan (“gross NPL”) menjadi 1,8% di tahun 2024, dari sebelumnya 2,0% di tahun 2023. Pencapaian ini menegaskan kembali dedikasi kami terhadap praktik perbankan yang bertanggung jawab, serta misi untuk menciptakan nilai positif yang berkelanjutan bagi seluruh stakeholders.”
“Perjalanan kami selama 70 tahun menjadi landasan kuat sekaligus inspirasi bagi CIMB Niaga untuk terus meraih kesuksesan. Kami melakukan percepatan transformasi digital, memperluas portofolio produk, serta memperkuat kapabilitas teknologi guna mendorong pertumbuhan di masa depan. Dalam menghadapi perubahan dinamika pasar dan meraih peluang baru, kami tetap berkomitmen memberikan keuntungan jangka panjang bagi para nasabah dan stakeholders kami,” ujar Lani.
CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) masing-masing sebesar 23,3% dan 86,3%.
Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp360,2 triliun per 31 Desember 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.
Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) meningkat menjadi Rp260,6 triliun (+10,5% Y-o-Y), dikontribusikan dari pertumbuhan current account and savings account (“CASA”) sebesar 14,2% Y-o-Y menjadi Rp172,1 triliun, berkontribusi terhadap rasio CASA menjadi sebesar 66,0%. Hal ini merupakan hasil upaya Bank untuk membina hubungan dengan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital.
Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,9% Y-o-Y menjadi Rp228,0 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (“UKM”) yang naik 9,1% Y-o-Y, diikuti oleh Perbankan Korporasi yang tumbuh 8,3% Y-o-Y, dan Perbankan Konsumer yang meningkat 5,4% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) yang meningkat sebesar 26,0% Y-o-Y.
Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga (“CIMB Niaga Syariah”) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan sebesar Rp60,3 triliun (+9,1% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp54,7 triliun (+21,7% Y-o-Y) per 31 Desember 2024. Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.
Inovasi Digital Berkelanjutan dan Perluasan Jaringan
Inovasi dan customer centricity tetap menjadi fokus CIMB Niaga dalam pengembangan digital. Pada tahun 2024, 90% dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan OCTO Pay (e-money). Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model Digital Branch yang unik, yang memadukan fitur Cabang Konvensional dan Digital Lounge. Untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan Digital Hub yang dilengkapi mesin Self-Service Banking dan Self-Service Tablet untuk mempercepat layanan kepada nasabah.
Adapun konsep cabang ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, sembari tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga. Hingga
31 Desember 2024, konsep ini telah diimplementasikan di 50 kantor cabang, terdiri dari 21 Digital Branch dan 29 Digital Hub. Integrasi dari layanan digital di kantor cabang ini telah meningkatkan customer experience serta efisiensi layanan secara signifikan, yang diharapkan dapat memungkinkan 80% dari pembukaan tabungan, penggantian kartu dan proses pengkinian/maintenance Customer Information File (“CIF”) dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit melalui mesin Self-Service Banking.
OCTO Mobile, aplikasi mobile banking milik CIMB Niaga yang terus mempelopori rangkaian inovasi mobile-first terfokus kepada kemudahan bertransaksi, investasi dan layanan/servicing yang seamless. Aplikasi ini tidak hanya memudahkan transaksi pembayaran, termasuk transfer BI-Fast, scan pembayaran QRIS dengan berbagai sumber dana (tabungan, e-money, dan lain sebagainya), serta top-up e-Wallet, namun juga dilengkapi dengan inovasi untuk mempermudah akses investasi dan layanan lainnya.
Sementara itu, #GetWealthSoon, inisiatif investasi digital CIMB Niaga, terus menjadi identitas untuk menggaungkan pentingnya memulai investasi sejak dini, terutama kepada generasi muda yang melek teknologi. OCTO Mobile dan OCTO Clicks memberikan akses yang luas terhadap pilihan investasi, seperti reksa dana dan obligasi (SBN Ritel dan obligasi sekunder). Pengguna juga dapat menikmati kemudahan pembukaan akun FX dalam 15 pilihan mata uang asing, termasuk Won Korea dan Ringgit Malaysia, serta kurs FX yang kompetitif selama trading hours. Wealth dashboard yang komprehensif tersedia di OCTO Mobile dan OCTO Clicks, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi nasabah untuk memantau portofolio dan kinerja investasi mereka dengan mudah.
Berbagai kapabilitas layanan di OCTO Mobile, termasuk memblokir/membuka blokir kartu kredit dan debit, pembaruan informasi pribadi, batas transaksi yang dapat disesuaikan, serta penerimaan dan peringatan transaksi, dapat memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi digital secara aman dan nyaman.
Adapun OCTO Clicks sebagai internet banking melayani nasabah yang high-valued dengan transaksi yang kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, top-up dan pembelian/penjualan emas yang bermitra dengan Pegadaian. Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance (“CNAF”) juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 407 cabang dan jaringan (termasuk 38 Digital Lounge). Per 31 Desember 2024, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.265 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 634.948 EDC, QR dan e-Commerce.
Komitmen terhadap Keberlanjutan dan Dekarbonisasi
Sepanjang 2024, CIMB Niaga terus menguatkan komitmennya terhadap keberlanjutan, termasuk pembiayaan berkelanjutan sebesar Rp59,1 triliun (26% dari total pembiayaan Bank), serta pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) Cakupan 1 dan 2 sebesar 32% dibandingkan dengan tahun 2019. Inisiatif seperti pembiayaan hijau untuk proyek energi terbarukan dan pencegahan polusi, pemasangan panel surya di salah satu gedung kantor pusat, serta pembelian Sertifikat Energi Terbarukan (Renewable Energy Certificates atau REC) telah berkontribusi dalam pencapaian Bank tahun 2024 tersebut.
Selain itu, Bank juga mencatat peningkatan portofolio minyak sawit berkelanjutan sebesar 34% dibandingkan tahun 2023. Selain itu, bersama CIMB Group, Bank telah memiliki target dekarbonisasi untuk sektor properti (real estate) serta minyak dan gas alam, melengkapi target dekarbonisasi untuk sektor batubara, kelapa sawit, semen, dan ketenagalistrikan yang telah diumumkan sebelumnya.
“Keberlanjutan adalah prioritas utama bagi CIMB Niaga dalam menjalankan bisnis, dengan mensinergikan pertimbangan ekonomi, lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam setiap proses perbankan. Ke depan, kami akan terus mendorong penerapan model bisnis berkelanjutan dan investasi hijau di Indonesia, karena keberlanjutan hanya dapat tercapai melalui kolaborasi antara Bank dan seluruh pemangku kepentingan,” tutup Lani. (soim)
Penghargaan
Pada periode yang berakhir 31 Desember 2024, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk:
1. The Best Sustainability-Linked Loan for Manufacturing and The Best Green Loan for Utility – Triple A Awards 2024
2. The Best Issuing Total Sales Volume in Indonesia 2023, The Best Issuing Sales Volume in Southeast Asian Countries 2023 & The Best Growth Number of Cards Circulation in Indonesia 2023 – JCB Indonesia Awards 2024
3. The Excellent Sustainable Communication Company in Financial Sector – Sustainability Communications Awards
4. The Best Public Relations in Providing Comprehensive Product & Service to Enhance Customer Experience – Indonesia Public Relations Awards 2024
5. GCG Innovation for Better Implementation in Business Ethics and Sustainability – Indonesia Excellence GCG Awards 2024
6. Green Financing – Fortune Indonesia Change The World
7. The Best Credit Card KBMI 3, The Best e-Money Bank 2024 KBMI 3, The 2nd Best Deposito KBMI 3, The 2nd Best KPR KBMI 3, The 2nd Best Bank Savings KBMI 3, The 2nd Best Internet Banking KBMI 3 – 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024
8. The Best Zakat Payment Services Provider Bank 2024 – BAZNAS Awards 2024
9. Best Corporate Transparency & Emission Reduction with predicate ‘Green Elite’ and ‘Platinum Plus’ from Investor Trust and Bumi Global Karbon Foundation
10. Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST) as one of the Public Companies with the Best 2022 Sustainability Report, with rating A+ from Moores Rowland and FIHRRST
11. TOP Innovation Choice Award 2024 CIMB Niaga Syariah from Infobrand
12. The Best Innovative Mortgage Process from Indonesia Property & Bank – 18th Annual Indonesia Property & Bank Award 2024
13. Indonesia’s Best International Islamic Bank – Euromoney Islamic Finance Award 2024
14. Growth Makers Club 2024 – CDP Mastermind Award from Insider
15. Best SME Bank Indonesia 2024 – World Economic Magazine Awards and Global Business & Finance Magazine Awards
16. The Best – Branch ATM Conventional Bank, The Best – Live Chat Conventional Bank, The 2nd Best – Cash Recycling Machine Bank Conventional Bank, The 3rd Best Overall – E – Banking Conventional Bank, 5 Consecutive Years in Digital Channel Conventional Bank, 5 Consecutive Years in E-Banking Conventional Bank – Indonesia Best Bank in Service Excellence 2024
17. Indonesia Sharia and Halal Top Brand Awards 2024 from Warta Ekonomi
18. The Best Bank Umum KBMI 3 – The Best Bank Award 2024
19. Wellbeing Management – Excellent & Learning & Development (L&D) and Knowledge Management – Excellence – HR Excellence Award 2024
20. Main Index, High Growth, High Dividend and High Capitalization Malam Apresiasi Emiten 2024 Indeks Tempo-IDN Financials 52
21. “Sustainability” as Outstanding Achievement in Sustainability & Governance and The Best Champion in Executing Sustainability & Governance Strategy – The 9th Annual 2024 Strategy-into-Performance Execution Excellence (SPEx2®) DX Award
22. Finance Sector Governance Champion – Katadata ESG Awards 2024
23. Indonesia Domestic Green Financing Bank of the Year, Corporate & Investment Bank of The Year, Syndicated Loan of The Year – Asian Banking & Finance Wholesale Banking Award 2024
24. The Best Indonesia Finance for Sharia Bank – Public Company – Indonesia Finance Awards 2024
25. CIMB Niaga as Indonesia Best Workplace for Women 2024 in Upholding Diversity and Inclusion Work Culture – Indonesia Best Workplace for Women Award 2024:
26. Best Corporate Social and Environmental Responsibility – Indonesia Corporate Social and Environmental Responsibility Awards 2024
27. Excellence in Marketing Transformation, Excellence in Search Marketing and Marketing Leader of the Year – Marketing Excellence Awards 2024 Indonesia
28. Impact on Leadership Consumer Banking – Kumparan Impact Makers Award
29. The Most Pioneering Banking Partner Award for Tabungan XTRA Savers Valas – AMG Media Advertising Awards 2024
30. Long Form Video Campaign Heroes – Marketeers Digital Marketing Heroes 2024
31. 1st Place for Internal Communications (General Theme) – PR Excellence Awards 2024
32. Indonesia Employee Experience of The Year – Asian Experience Award
33. Best Islamic Retail Bank for Digital Banking in Indonesia 2024 – Islamic Retail Banking Awards
34. The Best Indonesia IT & Digital Operational Platinum Award (A) (Excellent) – 6th Indonesia IT & Digital Operational Excellence Award 2024
35. The Most Dynamic Digital Banking Services – Disway Awards 2024
36. The Best Performing Bank 2024 Based on Financial Performance 2022-2024 – Top 20 Financial Institutions Award 2024
37. 11th Properti Indonesia Award 2024 as The Recognized Mortgage Bank with Product Diversification and The Commended Sharia Mortgage Bank
38. Leadership in Corporate Governance – Indonesian Institute for Corporate Directorship
39. Penghargaan Utama Kategori Sustainability with innovation “Perjalanan Menuju Net Zero 2050”  – IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2024
40. Investment Solution Awards Best Bank for Investment Solutions – Rates & FX, Indonesia – The Asset Triple A Private Capital Awards
41. Indonesia Executive of the Year – Banking – Asian Management Excellence Award 2025