Pemprov Sumsel Konversikan Lahan Sawah Jadi Tanaman Sawit

Sumsel128 Dilihat

Palembang, Focuskini

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan mulai mengkonversikan beberapa lahan sawah menjadi tanaman sawit, hal ini sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat atas kesadaran dan pemahaman mereka terkait nilai ekonomi sawit yang semakin tinggi.

Pj Gubernur Sumsel menyampaikan pihaknya akan mengatur keseimbangan luas antara lahan sawah dan sawit di wilayah itu.

“Apalgi sekarang harga sawit yang relatif stabil, dan pemerintah juga akan melanjutkan program biodiesel dari B35 ditingkatkan menjadi B40 yang juga berpotensi meningkatkan harga dan juga jumlah permintaan dari sawit itu sendiri,” ujar Elen, Jum’at.

Ia mengatakan jika dirinya belum mengetahui luasan lahan yang saat ini sudah dialihfungsikan.

“Jadi hal ini perlu menjadi perhatian dan tindak lanjut untuk mengatur keseimbangan antara ekspansi sektor kelapa sawit dengan lahan pertanian produktif,” katanya.

Ia menjelaskan selain mendongkrak peningkatan dan mutu komoditas sawit, pemerintah juga menargetkan adanya perluasan area sawah.

“Utamanya sawah di lokasi rawa dalam rangka menjaga ketahanan pangan daerah dan nasional. Kita tidak ingin juga saling predator memakan lahan sawah untuk sawit. Jadi, harus diatur dan dilihat lagi kedepannya,” jelasnya. (Tia)