Jakarta, Focuskini
PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga” atau “Bank”; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp6,6 triliun pada sembilan bulan pertama di 2024 (“9M24”), naik sebesar 5,1% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp204,34.
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, “Kami menyampaikan kinerja positif pada 9M24, dengan kenaikan laba sebelum pajak 5,1% Y-o-Y, menjadi Rp6,6 triliun. Pertumbuhan ini mencerminkan fokus kami pada aset yang berkualitas, serta efisiensi operasional. Kualitas aset kami tetap solid, dengan rasio gross non-performing loan (“gross NPL”) sebesar 2,0%, di bawah rata-rata industri. Hal ini merupakan wujud dari pengelolaan kualitas aset dengan prinsip kehati-hatian dan proaktif, serta memperkuat portofolio sekaligus komitmen kami terhadap kinerja yang berkelanjutan. Di tengah kondisi ekonomi yang dinamis ini, kami bersyukur dapat memberikan imbal hasil yang menarik bagi para shareholders, dengan terus memperkuat posisi modal dan likuiditas.”
“Ke depan, kami meyakini bisa meraih hasil yang baik di sisa tahun 2024, sesuai dengan strategi jangka panjang yang diterapkan. Kami fokus pada empat pilar utama yaitu alokasi aset yang baik, memperluas basis nasabah ritel, memperkuat portofolio CASA, dan meningkatkan digital engagement. Kami terus menjaga ketahanan operasional dan risiko di dalam Perusahaan, yang terbukti sangat penting pada beberapa tahun terakhir, serta menyempurnakan rencana strategis dengan memanfaatkan kelebihan kami dan menganalisis tren pasar. Upaya strategis ini selaras dengan visi untuk menjadi bank yang siap menghadapi masa depan, dan senantiasa memberikan layanan berkualitas tinggi serta produk inovatif kepada nasabah dengan selalu menerapkan #WorkFromHeart,” ujar Lani.
CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) masing-masing sebesar 23,4% dan 84,3%.
Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp354,3 triliun per 30 September 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.
Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) meningkat menjadi Rp256,0 triliun (+8,8% Y-o-Y), dikontribusikan dari pertumbuhan current account and savings account (“CASA”) sebesar 8,8% Y-o-Y menjadi Rp170,7 triliun. Hal ini merupakan hasil upaya Bank untuk membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital, yang berkontribusi terhadap rasio CASA menjadi sebesar 66,7%.
Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,4% Y-o-Y menjadi Rp218,6 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (“UKM”) yang naik 9,4% Y-o-Y, diikuti oleh Perbankan Korporat yang tumbuh 7,1% Y-o-Y, dan Perbankan Konsumer yang meningkat 5,4% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) yang meningkat sebesar 18,2% Y-o-Y.
Di Perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga (“CIMB Niaga Syariah”) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp60,7 triliun (+14,8% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp53,2 triliun (+24,6% Y-o-Y) per 30 September 2024. Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.
“Terima kasih sebesar-besarnya kepada para nasabah, karyawan serta stakeholders atas kepercayaan kepada CIMB Niaga selama 69 tahun. Kami akan meneruskan perjalanan untuk senantiasa menjadi bank pilihan bagi bisnis dan nasabah Indonesia,” kata Lani.
Jaringan
Inovasi dan customer centricity tetap menjadi fokus CIMB Niaga dalam pengembangan digital. Pada 9M24, 90% dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan OCTO Pay (e-money). Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model Digital Branch yang unik, yang memadukan fitur Cabang Konvensional dan Digital Lounge. Untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan Digital Hub yang dilengkapi mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet untuk mempercepat layanan kepada nasabah.
Adapun konsep cabang ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga. Hingga 30 September 2024, konsep ini telah diimplementasikan di 29 kantor cabang, terdiri dari 16 Digital Branch dan 13 Digital Hub. Integrasi dari layanan digital di kantor cabang ini telah meningkatkan customer experience secara signifikan, karena 83% dari pembukaan tabungan, penggantian kartu dan proses pengkinian/maintenance Customer Information File (CIF) dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit melalui Digital Hub.
OCTO Mobile, aplikasi mobile banking, terus mempelopori gerakan mobile-first dalam bertransaksi, investasi dan layanan yang seamless. Fitur utama pendukung kebutuhan bertransaksi meliputi transfer (termasuk BI-Fast), e-Wallet dan pembayaran QRIS. Belum lama ini, CIMB Niaga telah menambahkan berbagai pilihan pembayaran dan layanan lainnya, termasuk menambahkan fitur pengisian ulang uang elektronik berbasis kartu.
CIMB Niaga juga telah memperkenalkan #GetWealthSoon, inisiatif investasi digital melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks, yang menargetkan para generasi muda yang digital savvy. #GetWealthSoon menawarkan berbagai produk investasi melalui kanal digital, termasuk reksa dana, obligasi (SBN Ritel dan sekunder), dan deposito berjangka. Nasabah dapat memonitor semua portofolio serta performa investasi melalui Wealth dashboard yang komprehensif di OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Selain itu, pengguna OCTO Mobile juga dapat menikmati kemudahan untuk membukan rekening FX dengan 15 pilihan kurs asing, termasuk Won Korea dan Ringgit Malaysia. OCTO Mobile terus menambah sejumlah layanan baru, seperti kemudahan untuk mengajukan pinjaman atau aplikasi kartu kredit melalui channel digital.
Sementara itu, OCTO Clicks, layanan internet banking difokuskan untuk melayani nasabah high-valued kami dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, top-up serta jual/beli emas yang bekerja sama dengan Pegadaian. Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance (“CNAF”) juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 404 cabang dan jaringan (termasuk 36 digital lounge). Per 30 September 2024, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.405 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 598.334 EDC, QR dan e-Commerce.
Komitmen Keberlanjutan Demi Wujudkan Bumi yang Lestari (The Cooler Earth)
Sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan Perseroan, tahun ini CIMB Niaga menyelenggarakan The Cooler Earth (TCE) Sustainability Series 2024 di 17 kota di seluruh Indonesia. Kegiatan ini melibatkan audiens yang luas, mulai dari media, nasabah, karyawan, mahasiswa, komunitas, dan masyarakat, untuk bersama-sama berupaya mencapai masa depan yang berkelanjutan.
Rangkaian acara ini termasuk TCE Exhibition yang diadakan pada 2-4 Oktober 2024 di Jakarta, serta media gathering dan experiential learning berupa upcycling workshop. Semua rangkaian acara ini terinspirasi oleh semangat #SekarangUntukMasaDepan.
Selain itu, sebagai salah satu bank pertama yang dipilih untuk melakukan Climate Risk Management & Scenario Analysis (CRMS), CIMB Niaga telah menyerahkan laporan kepada OJK pada Juli 2024. Proses ini memungkinkan Bank untuk mengukur paparan finansial dan potensi kerentanannya terhadap risiko iklim berdasarkan berbagai skenario. Melalui analisis ini, Bank dapat meningkatkan kemampuannya dalam menilai risiko iklim sebagai bagian dari upaya untuk mengintegrasikan risiko iklim dalam kerangka manajemen risikonya.
“Keberlanjutan adalah salah satu prioritas CIMB Niaga dalam menjalankan bisnis, dengan mengintegrasikan pertimbangan ekonomi, lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam proses perbankan. Ke depan, kami akan terus mendorong implementasi dan adaptasi model bisnis berkelanjutan serta investasi hijau oleh para pelaku usaha di Indonesia. Keberlanjutan tidak hanya membutuhkan upaya inovasi dari bank, tetapi juga kolaborasi semua pemangku kepentingan untuk menuju masa depan yang lebih baik,” kata Lani.
Hingga sembilan bulan pertama tahun 2024, CIMB Niaga mencatat hampir 25% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,4 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).
Penghargaan
Pada periode yang berakhir 30 September 2024, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk:
Triple A Awards 2024 sebagai The Best Sustainability-Linked Loan for Manufacturing dan The Best Green Loan for Utility dari The Asset
JCB Indonesia Awards 2024 sebagai The Best Best Issuing Total Sales Volume in Indonesia 2023, The Best Issuing Sales Volume in Southeast Asian Countries 2023 & The Best Growth Number of Cards Circulation in Indonesia 2023 dari JCB Indonesia
Sustainability Communications Awards sebagai The Excellent Sustainable Communication Company in Financial Sector dari Nusantara TV
Indonesia Public Relations Awards 2024 sebagai The Best Public Relations in Providing Comprehensive Product & Service to Enhance Customer Experience dari Warta Ekonomi
Indonesia Excellence GCG Awards 2024 sebagai GCG Innovation for Better Implementation in Business Ethics and Sustainability dari Warta Ekonomi
Fortune Indonesia Change The World sebagai Green Financing dari Fortune Indonesia
13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024 dari Majalah Infobank, sebagai: The Best Credit Card KBMI 3, The Best e-Money Bank 2024 KBMI 3, The 2nd Best Deposito KBMI 3, The 2nd Best KPR KBMI 3, The 2nd Best Bank Savings KBMI 3, The 2nd Best Internet Banking KBMI 3
BAZNAS Awards 2024 sebagai The Best Zakat Payment Services Provider Bank 2024
Transparansi & Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 dengan Predikat Green Elite dan Platinum Plus dari Investortrust
Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST) sebagai salah satu Perusahaan dengan Laporan Keberlanjutan Terbaik 2022, dengan rating A+ dari Moores Rowland
TOP Innovation Choice Award 2024 CIMB Niaga Syariah dari Infobrand
18th Annual Indonesia Property & Bank Award 2024 – The Best Innovative Mortgage Process dari Indonesia Property & Bank
Euromoney Islamic Finance Award 2024 untuk Kategori Indonesia’s Best international Islamic Bank dari Euromoney
Growth Marker Club 2024 – CDP Mastermind Award dari Insider
Best SME Bank Indonesia 2024 dari World Economic Magazine Awards dan Global Business & Finance Magazine Awards
Indonesia Best Bank in Service Excellence 2024 dari Infobank: The Best – Branch ATM Conventional Bank, The Best – Live Chat Conventional Bank, The 2nd Best – Cash Recycling Machine Bank Conventional Bank, The 3rd Best Overall – E-Banking Conventional Bank, 5 Consecutive Years in Digital Channel Conventional Bank, 5 Consecutive Years in E-Banking Conventional Bank
Indonesia Sharia and Halal Top Brand Awards 2024 dari Warta Ekonomi
The Best Bank Award 2024 sebagai The Best Bank Umum KBMI 3 dari InvestorTrust
HR Excellence Award 2024 sebagai Wellbeing Management – Excellent dan Learning & Development (L&D) and knowledge Management – Excellent dari SWA Magazine
Malam Apresiasi Emiten 2024 Indeks Tempo-IDN Financials 52 sebagai Main Index, High Growth, High Dividend and High Capitalization dari IDN Financials dan PT Tempo Inti Media Tbk
The 9th Annual 2024 Strategy-into-Performance Execution Excellence (SPEx2®) DX Award “Sustainability” sebagai Outstanding Achievement in Sustainability & Governance dan The Best Champion in Executing Sustainability & Governance Strategy dari OneGML, Kontan Media, dan QuBisa
Katadata ESG Awards 2024 sebagai Finance Sector Governance Champion dari Katadata
Asian Banking & Finance Wholesale Banking Award 2024 sebagai Indonesia Domestic Green Financing Bank of the Year, Corporate & Investment Bank of The Year, Syndicated Loan of The Year dari Asian Banking & Finance
Indonesia Finance Awards 2024 sebagai The Best Indonesia Finance for Sharia Bank – Public Company dari Economic Review
Indonesia Best Workplace for Women Award 2024: CIMB Niaga sebagai Indonesia Best Workplace for Women 2024 in Upholding Diversity and Inclusion Work Culture dari HerStory
Indonesia Corporate Social and Environmental Responsibility Awards 2024 sebagai Best Corporate Social and Environmental Responsibility dari Warta Ekonomi
Marketing Excellence Awards 2024 Indonesia sebagai Excellence in Marketing Transformation, Excellence in Search Marketing dan Marketing Leader of the Year dari Marketing Interactive
Jakarta, Focuskini
PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga” atau “Bank”; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp6,6 triliun pada sembilan bulan pertama di 2024 (“9M24”), naik sebesar 5,1% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp204,34.
Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, “Kami menyampaikan kinerja positif pada 9M24, dengan kenaikan laba sebelum pajak 5,1% Y-o-Y, menjadi Rp6,6 triliun. Pertumbuhan ini mencerminkan fokus kami pada aset yang berkualitas, serta efisiensi operasional. Kualitas aset kami tetap solid, dengan rasio gross non-performing loan (“gross NPL”) sebesar 2,0%, di bawah rata-rata industri. Hal ini merupakan wujud dari pengelolaan kualitas aset dengan prinsip kehati-hatian dan proaktif, serta memperkuat portofolio sekaligus komitmen kami terhadap kinerja yang berkelanjutan. Di tengah kondisi ekonomi yang dinamis ini, kami bersyukur dapat memberikan imbal hasil yang menarik bagi para shareholders, dengan terus memperkuat posisi modal dan likuiditas.”
“Ke depan, kami meyakini bisa meraih hasil yang baik di sisa tahun 2024, sesuai dengan strategi jangka panjang yang diterapkan. Kami fokus pada empat pilar utama yaitu alokasi aset yang baik, memperluas basis nasabah ritel, memperkuat portofolio CASA, dan meningkatkan digital engagement. Kami terus menjaga ketahanan operasional dan risiko di dalam Perusahaan, yang terbukti sangat penting pada beberapa tahun terakhir, serta menyempurnakan rencana strategis dengan memanfaatkan kelebihan kami dan menganalisis tren pasar. Upaya strategis ini selaras dengan visi untuk menjadi bank yang siap menghadapi masa depan, dan senantiasa memberikan layanan berkualitas tinggi serta produk inovatif kepada nasabah dengan selalu menerapkan #WorkFromHeart,” ujar Lani.
CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (“CAR”) dan loan to deposit ratio (“LDR”) masing-masing sebesar 23,4% dan 84,3%.
Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp354,3 triliun per 30 September 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.
Total Dana Pihak Ketiga (“DPK”) meningkat menjadi Rp256,0 triliun (+8,8% Y-o-Y), dikontribusikan dari pertumbuhan current account and savings account (“CASA”) sebesar 8,8% Y-o-Y menjadi Rp170,7 triliun. Hal ini merupakan hasil upaya Bank untuk membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital, yang berkontribusi terhadap rasio CASA menjadi sebesar 66,7%.
Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,4% Y-o-Y menjadi Rp218,6 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (“UKM”) yang naik 9,4% Y-o-Y, diikuti oleh Perbankan Korporat yang tumbuh 7,1% Y-o-Y, dan Perbankan Konsumer yang meningkat 5,4% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) yang meningkat sebesar 18,2% Y-o-Y.
Di Perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (“UUS”) CIMB Niaga (“CIMB Niaga Syariah”) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp60,7 triliun (+14,8% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp53,2 triliun (+24,6% Y-o-Y) per 30 September 2024. Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.
“Terima kasih sebesar-besarnya kepada para nasabah, karyawan serta stakeholders atas kepercayaan kepada CIMB Niaga selama 69 tahun. Kami akan meneruskan perjalanan untuk senantiasa menjadi bank pilihan bagi bisnis dan nasabah Indonesia,” kata Lani.
Jaringan
Inovasi dan customer centricity tetap menjadi fokus CIMB Niaga dalam pengembangan digital. Pada 9M24, 90% dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (“ATM”), dan OCTO Pay (e-money). Selain itu, CIMB Niaga juga menghadirkan digital experience melalui model Digital Branch yang unik, yang memadukan fitur Cabang Konvensional dan Digital Lounge. Untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan Digital Hub yang dilengkapi mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet untuk mempercepat layanan kepada nasabah.
Adapun konsep cabang ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital, dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga. Hingga 30 September 2024, konsep ini telah diimplementasikan di 29 kantor cabang, terdiri dari 16 Digital Branch dan 13 Digital Hub. Integrasi dari layanan digital di kantor cabang ini telah meningkatkan customer experience secara signifikan, karena 83% dari pembukaan tabungan, penggantian kartu dan proses pengkinian/maintenance Customer Information File (CIF) dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit melalui Digital Hub.
OCTO Mobile, aplikasi mobile banking, terus mempelopori gerakan mobile-first dalam bertransaksi, investasi dan layanan yang seamless. Fitur utama pendukung kebutuhan bertransaksi meliputi transfer (termasuk BI-Fast), e-Wallet dan pembayaran QRIS. Belum lama ini, CIMB Niaga telah menambahkan berbagai pilihan pembayaran dan layanan lainnya, termasuk menambahkan fitur pengisian ulang uang elektronik berbasis kartu.
CIMB Niaga juga telah memperkenalkan #GetWealthSoon, inisiatif investasi digital melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks, yang menargetkan para generasi muda yang digital savvy. #GetWealthSoon menawarkan berbagai produk investasi melalui kanal digital, termasuk reksa dana, obligasi (SBN Ritel dan sekunder), dan deposito berjangka. Nasabah dapat memonitor semua portofolio serta performa investasi melalui Wealth dashboard yang komprehensif di OCTO Mobile dan OCTO Clicks. Selain itu, pengguna OCTO Mobile juga dapat menikmati kemudahan untuk membukan rekening FX dengan 15 pilihan kurs asing, termasuk Won Korea dan Ringgit Malaysia. OCTO Mobile terus menambah sejumlah layanan baru, seperti kemudahan untuk mengajukan pinjaman atau aplikasi kartu kredit melalui channel digital.
Sementara itu, OCTO Clicks, layanan internet banking difokuskan untuk melayani nasabah high-valued kami dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, top-up serta jual/beli emas yang bekerja sama dengan Pegadaian. Selain itu, anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance (“CNAF”) juga telah mengembangkan aplikasi digitalnya sendiri bernama CNAF Mobile yang memungkinkan calon nasabah untuk mengajukan pembiayaan melalui ponselnya.
Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 404 cabang dan jaringan (termasuk 36 digital lounge). Per 30 September 2024, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 3.405 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 598.334 EDC, QR dan e-Commerce.
Komitmen Keberlanjutan Demi Wujudkan Bumi yang Lestari (The Cooler Earth)
Sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan Perseroan, tahun ini CIMB Niaga menyelenggarakan The Cooler Earth (TCE) Sustainability Series 2024 di 17 kota di seluruh Indonesia. Kegiatan ini melibatkan audiens yang luas, mulai dari media, nasabah, karyawan, mahasiswa, komunitas, dan masyarakat, untuk bersama-sama berupaya mencapai masa depan yang berkelanjutan.
Rangkaian acara ini termasuk TCE Exhibition yang diadakan pada 2-4 Oktober 2024 di Jakarta, serta media gathering dan experiential learning berupa upcycling workshop. Semua rangkaian acara ini terinspirasi oleh semangat #SekarangUntukMasaDepan.
Selain itu, sebagai salah satu bank pertama yang dipilih untuk melakukan Climate Risk Management & Scenario Analysis (CRMS), CIMB Niaga telah menyerahkan laporan kepada OJK pada Juli 2024. Proses ini memungkinkan Bank untuk mengukur paparan finansial dan potensi kerentanannya terhadap risiko iklim berdasarkan berbagai skenario. Melalui analisis ini, Bank dapat meningkatkan kemampuannya dalam menilai risiko iklim sebagai bagian dari upaya untuk mengintegrasikan risiko iklim dalam kerangka manajemen risikonya.
“Keberlanjutan adalah salah satu prioritas CIMB Niaga dalam menjalankan bisnis, dengan mengintegrasikan pertimbangan ekonomi, lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam proses perbankan. Ke depan, kami akan terus mendorong implementasi dan adaptasi model bisnis berkelanjutan serta investasi hijau oleh para pelaku usaha di Indonesia. Keberlanjutan tidak hanya membutuhkan upaya inovasi dari bank, tetapi juga kolaborasi semua pemangku kepentingan untuk menuju masa depan yang lebih baik,” kata Lani.
Hingga sembilan bulan pertama tahun 2024, CIMB Niaga mencatat hampir 25% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,4 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).
Penghargaan
Pada periode yang berakhir 30 September 2024, CIMB Niaga menerima sejumlah penghargaan termasuk:
Triple A Awards 2024 sebagai The Best Sustainability-Linked Loan for Manufacturing dan The Best Green Loan for Utility dari The Asset
JCB Indonesia Awards 2024 sebagai The Best Best Issuing Total Sales Volume in Indonesia 2023, The Best Issuing Sales Volume in Southeast Asian Countries 2023 & The Best Growth Number of Cards Circulation in Indonesia 2023 dari JCB Indonesia
Sustainability Communications Awards sebagai The Excellent Sustainable Communication Company in Financial Sector dari Nusantara TV
Indonesia Public Relations Awards 2024 sebagai The Best Public Relations in Providing Comprehensive Product & Service to Enhance Customer Experience dari Warta Ekonomi
Indonesia Excellence GCG Awards 2024 sebagai GCG Innovation for Better Implementation in Business Ethics and Sustainability dari Warta Ekonomi
Fortune Indonesia Change The World sebagai Green Financing dari Fortune Indonesia
13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024 dari Majalah Infobank, sebagai: The Best Credit Card KBMI 3, The Best e-Money Bank 2024 KBMI 3, The 2nd Best Deposito KBMI 3, The 2nd Best KPR KBMI 3, The 2nd Best Bank Savings KBMI 3, The 2nd Best Internet Banking KBMI 3
BAZNAS Awards 2024 sebagai The Best Zakat Payment Services Provider Bank 2024
Transparansi & Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 dengan Predikat Green Elite dan Platinum Plus dari Investortrust
Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST) sebagai salah satu Perusahaan dengan Laporan Keberlanjutan Terbaik 2022, dengan rating A+ dari Moores Rowland
TOP Innovation Choice Award 2024 CIMB Niaga Syariah dari Infobrand
18th Annual Indonesia Property & Bank Award 2024 – The Best Innovative Mortgage Process dari Indonesia Property & Bank
Euromoney Islamic Finance Award 2024 untuk Kategori Indonesia’s Best international Islamic Bank dari Euromoney
Growth Marker Club 2024 – CDP Mastermind Award dari Insider
Best SME Bank Indonesia 2024 dari World Economic Magazine Awards dan Global Business & Finance Magazine Awards
Indonesia Best Bank in Service Excellence 2024 dari Infobank: The Best – Branch ATM Conventional Bank, The Best – Live Chat Conventional Bank, The 2nd Best – Cash Recycling Machine Bank Conventional Bank, The 3rd Best Overall – E-Banking Conventional Bank, 5 Consecutive Years in Digital Channel Conventional Bank, 5 Consecutive Years in E-Banking Conventional Bank
Indonesia Sharia and Halal Top Brand Awards 2024 dari Warta Ekonomi
The Best Bank Award 2024 sebagai The Best Bank Umum KBMI 3 dari InvestorTrust
HR Excellence Award 2024 sebagai Wellbeing Management – Excellent dan Learning & Development (L&D) and knowledge Management – Excellent dari SWA Magazine
Malam Apresiasi Emiten 2024 Indeks Tempo-IDN Financials 52 sebagai Main Index, High Growth, High Dividend and High Capitalization dari IDN Financials dan PT Tempo Inti Media Tbk
The 9th Annual 2024 Strategy-into-Performance Execution Excellence (SPEx2®) DX Award “Sustainability” sebagai Outstanding Achievement in Sustainability & Governance dan The Best Champion in Executing Sustainability & Governance Strategy dari OneGML, Kontan Media, dan QuBisa
Katadata ESG Awards 2024 sebagai Finance Sector Governance Champion dari Katadata
Asian Banking & Finance Wholesale Banking Award 2024 sebagai Indonesia Domestic Green Financing Bank of the Year, Corporate & Investment Bank of The Year, Syndicated Loan of The Year dari Asian Banking & Finance
Indonesia Finance Awards 2024 sebagai The Best Indonesia Finance for Sharia Bank – Public Company dari Economic Review
Indonesia Best Workplace for Women Award 2024: CIMB Niaga sebagai Indonesia Best Workplace for Women 2024 in Upholding Diversity and Inclusion Work Culture dari HerStory
Indonesia Corporate Social and Environmental Responsibility Awards 2024 sebagai Best Corporate Social and Environmental Responsibility dari Warta Ekonomi
Marketing Excellence Awards 2024 Indonesia sebagai Excellence in Marketing Transformation, Excellence in Search Marketing dan Marketing Leader of the Year dari Marketing Interactive