Serap Aspirasi Masyarakat Anggota DPRD Sumsel Dapil II Reses Tahap II di 26 Titik

Advertorial260 Dilihat

Palembang, Focuskini

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Selatan, Dapil Sumsel II melakukan Reses Tahap III Tahun 2023 mulai dari 15 hingga 22 Oktober 2023.

Reses kali ini diselenggarakan di 26 titik, yakni meliputi kecamatan Ilir Timur I, Ilir Timur II, Ilir Timur III, Alang-Alang Lebar, Sukarame, Kemuning, Sako, Kalidoni, dan Sematang Borang,

Di Kordinatori oleh Dr H Budiarto Marsul SE MSi (Partai Gerindra), Hadir dalam reses Muhammad Yansuri SIP (Partai Golkar), Ir H Zulfikri Kadir (PDI Perjuangan), Antoni Yuzar SH MH (PKB), H M Anwar Al Syadat SSi MSi (PKS), Tamtama Tanjung (Partai Demokrat) dan H Nopianto S.Sos MM (Partai Nasdem).

Dititik pertama hari pertama Reses Selasa (17/10/2023), berlokasi anggota DPRD Dapil Sumsel II melakukan dialog interaktif dengan masyarakat di lingkungan PT. Indofood CBP Sukses Makmur TBK Km 7 di jalan HBR Matik.KM 8 kelurahan karya baru, kec. Sukarami beserta warga ring 1 atau sekitar Perusahaan tersebut.

Menurut Kordinator Anggota DPRD Dapil Sumsel II Budiarto Marsul dari Fraksi Partai Gerindra tentu keberadaan PT. Indofood CBP Sukses Makmur harus juga berdampak bagi masyarakat sekitar dengan memberikan bantuan serta CSR.

Senada, Anggota DPRD Dapil Sumsel II Tamtama Tanjung dari Fraksi Partai Demokrat menjelaskan jika pihaknya juga mendapat masukan agar PT. Indofood mengutamakan warga sekitar untuk menjadi SDM di perusahaan tersebut.

Sementara itu, di titik kedua hari pertama bertempat di PT. Tirta Sriwijaya Maju yang berlokasi di Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang Alang Lebar kota Palembang. Banyak keluhan warga terhadap perusahaan yang baru saja di ambil alih oleh Pemerintah Provinsi Sumsel dan menjadi BUMD.

Ketua komisi 1 DPRD Sumsel ini juga menegaskan jika perlu mencari untung besar jika pelayanan kepada masyarakat tak memuaskan.

Lanjut di Titik ketiga yang berada di Kantor Lurah Alang Alang Lebar, kecamatan Alang Alang Lebar. Persoalan parid dan drainase sering menjadi keluhan warga di kawasan ini. Apalagi saat hujan deras sering terjadi genangan air hingga banjir di beberapa titik. Rencananya, Pihaknya akan segera memanggil Balai Besar Jalan untuk membangun drainase sepanjang jalan Kol H Burlian serta juga Pemda Sumsel diusulkan membangun kolam retensi,

Ditambahkan Muhammad Yansuri, sebenarnya DPRD Sumsel telah berulang kali mengusulkan untuk dibangunya Kolam Retensi disekitar area KM 11 hingga KM 12 atau berada di wilayah kelurahan Alang Alang Lebar. Namun terkendala dari lahan. Jika ada DPRD Sumsel siap menganggarkan dana.

Selain masalah drainase, warga Kelurahan Alang Alang Lebar terutama yang berada di komplek Griya Bahagia, Hendriyadi ketua RT 05 sekaligus warga komplek tersebut mengatakan ingin segera komplek tersebut telah diserah terima ke Pemerintah agar bisa merasakan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Menanggapi hal ini, Nopianto dari fraksi Partai Nasdem mengatakan masyarakat harus punya inisiatif di komplek griya bahagia untuk secara langsung berkordinasi dengan pihak kelurahan..

Titik keempat atau titik terakhir dari rese hari pertama berada di Kantor Kecamatan Alang Alang Lebar. Dalam dialog interaktif bersamaan warga, anggota DPRD Dapil Sumsel II banyak mendapat permintaan dengan adanya Sekolah dan Berobat Gratis.

Menanggapi hal ini, Anwar Al Syadat dari Fraksi PKS yang juga merupakan anggota komisi 5 mengatakan jika berobat gratis telah terselenggara dengan hanya bermodal KTP dengan program BERKAT.

Dilanjutkan pada hari kedua, Rabu (18/10/2023) Reses Tahap III Anggota DPRD Dapil Sumsel II. Titik pertama Reses dilakukan di area kelurahan 16 ilir kecamatan Ilir Timur 1 Kota Palembang atau sekitaran plataran sungai Musi.

Dititik kedua tepatnya berada di kantor Lurah 17 Ilir, banyak warganya yang mengeluhkan persoalan lampu jalan, Yansuri menegaskan jika sebelumnya hanya ada 2 mobil Crane untuk perbaikan lampu jalan. Tapi ia menganggap 4 mobil Juba masih kurang dalam menanggulangi 18 kecamatan dalam permas lampu jalan.

Sementara itu dititik ketiga tepatnya berada di kawasan 18 Ilir kecamatan Ilir Timur 1, Persoalan utama yang dikeluhkan masyarakat terkait masalah pembangunan Ipal yang terhenti.

Sementara itu reses hari kedua dititik ke-4 reses dilakukan diwilayah 13 Ilir masyarakat mempertanyakan masalah bantuan bagi para pedagang yang saat ini merasa sepi pembeli.

Dilanjutkan ditempat kelima yang berada di Kelurahan 14 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 1 kota Palembang. Indra kesuma selaki Tokoh masyarakat meminta anggota DPRD Sumsel agar memperjuangkan rumah adat yang ada di kawasan 14 Ilir karena kondisi itu rumah rusak berat.

Kordinator Anggota DPRD Dapil Sumsel II Budiarto Masrul mengatakan ia bersama 6 rekan anggota Dapil II telah melakukan sumbangan suka rela membantu dalam melakukan proses pendirian yayasan.

Anggota DPRD Dapil Sumsel II foto bersama warga saat reses Tahap III Tahun 2023 mulai dari 15 hingga 22 Oktober 2023

Dilanjutkan hari ketiga Kamis (19/10/2023) titik pertama yang berada di Kelurahan 20 Ilir III. Beragam aspirasi dari masyarakat seperti pembangunan infrastruktur Drainase dan kolam retensi, perbaikan lampu jalan dan juga perbaikan jalan.

Terkait Kolam Retensi seperti yang disampaikan Mamad salah seorang ketua RW di Kelurahan 20 Ilir III meminta dibangunkan ya kolam retensi menggunakan tanah kosong bilik BPKP.

Menjawab hal tersebut, Tamtama Tanjung dari Fraksi Partai Demokrat Tamtama Tanjung menegaskan akan meneruskan saran tersebut ke pemerintah kota, Provinsi dan Pusat. Terlebih lagi tanah kosong tersebut milik BPKP yang merupakan Badan Vertikal yang berkantor pusat di Jakarta. Tentu harus berkomunikasi dengan pihak BPKP apakah bisa dihibahkan untuk kepentingan masyarakat.

“Semua aspirasi masyarakat Disni akan kami bawa ke Walikota, seperti maslaah lampu jalan, perbaikan jalan serta terutama untuk tanah kosong yang di usulkan untuk menjadi kolam retensi,” tegasnya.

Setelah itu ada pula permohonan terkait Nasionalisme pemasangan bendera bisa diatur dalam Peraturan Daerah agar tak mencoreng perjuangan para pahlawan dengan pemasangan bendera yang asal asalan. Ditambah juga dengan permohonan diperjuangkanya insentif ketua RT dan RW.

Menjawab permohonan itu, kordinator Anggota DPRD Dapil II Sumsel Budiarto Masrul sangat mensetujui saran tersebut. Pihaknya akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Pemerintah.

Zulfikri Kadir dari fraksi partai PDIP meminta kepada masyarakat agar mencatat infrastruktur mana yang perlu diperbaiki akan pihaknya sampaikan ke pemerintah.

Reses Tahap III hari ke dua titik ketiga berada di Kompleks Pergudangan 8 Ilir Perum Bulog Kanwil Sumsel Babel, Kecamatan Ilir Timur III Kota Palembang.

Kordinator Anggota DPRD Dapil Sumsel II menyampaikan jika banyak keluhan dari masyarakat soal harga beras. Selain itu ada juga keluhan dari petani beras soal serapan Bulog yang kurang. Malah kebanyakan yang menyerap itu dari pihak swasta sehingga tak sesua harga yang ditetapkan.
Kepala Perum Bulog Kanwil Sumsel Babel M. Alexander dalam dialog interaktif ini berharap fasilitas dari pemerintah agar bisa menyerap gabah beras petani (GBP) lebih banyak agar tak ada lagi masuknya beras impor ke Sumsel.

“Lampu jalan ini menjadi hal utama di setiap reses dimanapun lokasinya, tapi Alhamdulillah saat ini sudah ditambahkan 2 mobil Crane yang dahulu hanya ada 2 mobil Crane untuk pemasangan dan perawatan lampu jalan untuk 18 kecamatan,” katan Kordinator Anggota DPRD Dapil Sumsel II Budiarto Masrul.

Selain itu ketua RT di kelurahan 18 Ilir meminta diperjuangkanya kenaikan insentif untuk RT di kota Palembang. Apalagi jika melihat kondisi yang berbeda di kota Baturaja Kabupaten OKU saat ini Insentif Ketua RT nya bisa mencapai Rp. 1,2 Juta.

Hari ke Empat jalanya Dialog Interaktif Reses Tahap III Anggota DPRD Dapil Sumsel II, Jumat (20/10/2023), titik pertama bertempat di kantor Perum Bulog Kanwil Sumsel Babel yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan. Dilanjutkan dengan titik kedua digudang Bulog Karya Baru Kec. Alang Alang Lebar. Serta di tempat ketiga kembali di Gudang Bulog yang berada di jalan MP. Mangku Negara Kec. Sako.

Usai berdiskusi bersama warga dan Kepala Perum Bulog Sumsel Babel, Kordinator Anggota DPRD Dapil II Sumsel Budiarto Marsul mengatakan pihaknya merasa tenang karena seperti yang disampaikan Bulog jika stock beras yang ada di Bulog untuk provinsi Sumsel bisa bertahan bisa hingga 4 bulan kedepan. Meski harga beras saat ini sedang naik. Namun Bulog tetap menjual dengan harga HET nya.

Muhammad Alexander Kepala Perum Bulog Sumsel Babel menjelaskan jika Bulog saat ini telah membanjirkan beras SPHP kepada masyarakat tujuannya agar beras SPHP bisa di jangkau masyarakat dan di beli oleh masyarakat.

Reses hari ke empat titik ke empat dilanjutkan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Dialog interaktif berlangsung usai semua anggota DPRD Sumsel Dapil II Sumsel menunaikan Ibadah Shalat Jumat.

Dalam Dialog Interaktif, Somad selaku ketua RW 02 Kelurahan Sukajaya menyampaikan permohonan kepada Anggota Dewan untuk membantu warganya dalam pemasangan Gas Alam yang selama ini mereka perjuangkan sendiri namun tak menuai hasil.

Menanggapi hal itu, Nopianto dari Fraksi Partai Nasdem menjelaskan, Terkait dengan Gas kalau PGN itu BUMN jadi
Senin nanti pihaknya berencana akan kami memanggil PGN maupun yang SP2J untuk menyelesaikan permintaan warga.

Kordinator Anggota DPRD Sumsel Dapil II Sumsel Budiarto Masrul mengatakan permasalahan lampu menjadi hal utama dan memang selalu menjadi permintaan khusus Masyarakat dimanapun lokasi Reses yang timnya datangi. (adv)