Mengenang 1 Tahun, TPQ Albar Mahdi Diresmikan

Penuh Cerita dan Perjuangan

Palembang185 Dilihat

Palembang, Focuskini

Mengenang satu tahun kepergian ananda Albar Mahdi yang meninggal pada 22 Agustus 2022, Yayasan Albar Mahdi Palembang meresmikan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Albar Mahdi yang berlokasi di Jalan Taqwa Lorong Padat Karya Perumahan Griya Makmur Jaya 6 Blok.B No.1 Kelurahan Sei Selayur Kecamatan Kalidoni Palembang, Selasa (22/8/2023).

Dalam acara yang berlangsung sederhana dan khidmat tersebut dihadiri KH Drs Solihin Hasibuan, M.Pdi, Pembina Makelar Amal, Agung Bahari ST MSi, Sekum DPD BKPRMI Palembang , Ustad Imron, Ketua DPK BKPRMI Kalidoni, H Ahmad Sholeh dan tamu undangan lainnya.

Ketua Yayasan Albar Mahdi Palembang, Siti Soimah mengungkapkan, peresmian TPQ Albar Mahdi yang berada dalam naungan Yayasan Albar Mahdi Palembang memiliki cerita tersendiri bagi keluarga.

“Banyak sekali sejarah berdirinya TPQ Albar Mahdi ini. Tepat satu tahun lalu ini juga sekaligus mengenang anak saya meninggal yang sedang menuntut ilmu di ponpes ternama,” ujar Soim sapaan akrabnya.

Ia mengatakan jauh sebelum sang anak meninggal. Ia sudah dan sempat mengutarakan niat untuk membuka TPQ ini untuk memberikan aktivitas kepada anak- anak di sekitar agar ada kegiatan. Niat tersebut disambut baik oleh sang anak dengan keinginannya membantu mengajar usai tamat dari ponpes tempatnya menuntut ilmu.

Ustad Solhas, Pengurus BKPRMI , Pembina Makelar dan Pengurus Yayasan Albar Mahdi Palembang berfoto

“Namun, takdir berkata lain sebelum dia ikut membantu mengajar ternyata Allah lebih sayang dia sehingga dia dipanggil Allah SWT terlebih dahulu. Karena itu saya bertekad untuk mendirikan TPQ atas nama dia berkat usulan dari para ibu-ibu yang tergabung dalam Majelis Taklim Al Ikhlas tempat saya belajar mengaji. Akhirnya, saat dalam keterpurukan saya menyambut ide baik tersebut untuk menamakan TPQ dengan nama anak saya,”tutur Soimah sambil menyeka air mata yang menetes di pipinya

Saat ini dikatakanya, Yayasan Albar Mahdi Palembang kini memiliki Taman Pendidikan Alquran (TPQ) sendiri yang lebih luas, setelah sebelumnya para santri yang berjumlah 40 orang harus belajar di Musala Al-Ikhlas.

“Dulu santri kita hanya 15 orang, sekarang sudah 40. Anak-anak yang belajar di TPQ Albar Mahdi merupakan anak-anak yang berada di sekitar TPQ Albar Mahdi didirikan. Sebelumnya, anak-anak TPQ Albar Mahdi menggunakan Mushollah Al Ikhlas untuk belajar, namun karena keterbatasan ruangan pihak Yayasan Albar Mahdi Palembang membangun tempat sendiri untuk belajar,”ujar Soim

Dituturkannya, cukup panjang perjuangan membuka TPQ Albar Mahdi karena keterbatasan dana dan sumber daya tenaga pengajarnya. Namun, semua itu bisa dilalui berkat dukungan semua pihak terutama para donatur yang peduli terhadap keberadaan TPQ Albar Mahdi.

“Karena itu peresmian ini adalah langkah awal semoga TPQ Albar Mahdi bisa menjadi amal jariyah almarhum dan ladang amal ibadah bagi semuanya,”harap wanita yang juga berprofesi sebagai jurnalis ini.

Pemotong tumpeng dan penyerahan SK berdirinya TPQ Albar Mahdi.
Pemotong tumpeng dan penyerahan SK berdirinya TPQ Albar Mahdi.

Sementara itu Sekum DPD BKPRMI Palembang, Imron SPdi MM mengatakan TPQ merupakan Wadah Pendidikan yang dipandang efektif untuk membangun kepribadian generasi yang beraklak mulia, yang dapat melahirkan tokoh-tokoh pembaharuan dan pencetak generasi-generasi tangguh yang siap meramaikan dan memperjuangkan medan dakwah Islamiyah.

“Untuk membentengi mereka haruslah sejak dini kita bekali mereka dengan pendalaman ilmu agama serta membiasakan mereka untuk berakhlaqul karimah baik terhadap orang tua, guru, keluarga atau dengan sesama teman-teman mereka serta menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Dalam merealisasikan hal tersebut maka sangat dibutuhkan suatu wadah yang dapat menampung mereka dan membimbing mereka secara lebih intensif yaitu bimbingan yang ada diluar pendidikan formal yang kita kenal dengan TPQ,”ujarnya.

Dengan diresmikan TPQ Albar Mahdi dikatakannya, akan menambah wadah bagi para anak usai dini untuk belajar mengaji sehingga mereka tidak buta huruf Alquran.

Sedangkan Ketua DPK BKPRMI Kecamatan Kalidoni Palembang, H Ahmad Soleh SPdi menyambut baik diresmikannya TPQ Albar Mahdi yang merupakan TPQ ke-15 yang terdaftar secara resmi di BKPRMI.

“Semoga keberadaan TPQ Albar Mahdi dapat menjadi manfaat, terutama bagi warga di sekitar berdirinya TPQ Albar Mahdi. Kita juga menghimbau kepada warga di sekitar sini untuk memasukkan anaknya lembaga-lembaga pendidikan agama seperti TPQ sehingga angka buta huruf dapat diminimalisir bahkan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan kita,”tuturnya sembari berharap TPQ Albar Mahdi dapat mencetak generasi-generasi handal Alquran.

Peresmian TPQ Albar Mahdi ditandai dengan Penyerahan SK No Unit oleh Sekretaris Umum DPD BKPRMI Kota Palembang Ust Imron SPdI MM, dan penandatanganan Prasasti oleh Ketua DPK Kecamatan Kalidoni. Acara juga dimeriahkan penampilan para santri dan pemotongan tumpeng.(*)