Palembang, Focuskini
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan meraih tuga penghargaan sekaligus dalam ajang Airport Service Quality (ASQ) Award 2024 yang diselenggarakan Airport Council International (ACI), serta dinobatkan sebagai Bandara terbaik di Asia-Pasifik.
General Manager Bandara SMB II, R. Iwan Winaya Mahdar mengatakan Bandara SMB II selama ini bekerja keras berupaya melayani setiap pengguna jasa Bandara dengan hati dan penghargaan ini merupakan hasil dari upaya dan dedikasi Bandara terhadap masyarakat.
Penghargaan ASQ merupakan pembuktian bahwa Bandara kebanggaan masyarakat Palembang ini mampu menunjukkan transformasi pelayanan yang terus menerus ditingkatkan.
“Kami berkomitmen untuk terus melayani dengan hati, berupaya untuk terus meningkatkan performa baik dari sisi fasilitas, pengembangan infrastruktur, hingga sumber daya manusia yang kompeten,” ujar Iwan dalam keterangan yang diterima pada, Kamis (17/4/2025).
Ia menjelaskan ASQ Awards adalah program penilaian global yang mengukur pengalaman pengguna jasa di bandara berdasarkan survei langsung yang dilakukan di seluruh dunia.
“Hal ini menjadi tolak ukur penilaian yang menunjukkan peningkatan layanan yang dilakukan SMB II terhadap kepuasan pengguna jasa,” jelasnya.
Diketahui, ada 10 Bandara yang dikelola In Journey Airports yang berhasil mendapatkan total 27 penghargaan. Tentu hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam meningkatkan performa layanan bagi masyarakat Indonesia.
Adapun penghargaan yang telah didapatkan SMB II ini meliputi:
1. Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada bandara terbaik di kawasan Asia-Pasifik yang melayani antara 2 hingga 5 juta penumpang per tahun. Penghargaan ini biasanya diberikan oleh lembaga seperti Airports Council International (ACI) melalui program mereka yang dikenal sebagai Airport Service Quality (ASQ) Awards.
2. Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada bandara di kawasan Asia-Pasifik yang dinilai memiliki staf paling berdedikasi dalam memberikan layanan kepada penumpang. Most Dedicated Staff (Staf Paling Berdedikasi) Mengacu pada tingkat profesionalisme, keramahan, kecepatan layanan, dan kemauan staf bandara untuk membantu penumpang dengan sepenuh hati.
3. Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific adalah penghargaan yang diberikan kepada bandara di kawasan Asia-Pasifik yang dianggap paling menyenangkan bagi penumpang berdasarkan pengalaman secara keseluruhan selama berada di bandara. Most Enjoyable (Paling Menyenangkan) berdsarkan seberapa nyaman, menarik, dan memuaskan pengalaman yang dirasakan penumpang selama berada di bandara. (Tia)