Identitas nasional Bangsa Indonesia juga dapat diintegrasikan pada beberapa materi lainnya

Oleh:Wendy Anugrah Octavian

Berita366 Dilihat

Pemahaman dan penanaman rasa memiliki serta bangga terhadap identitas nasional bangsa harus dengan mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna bagi para peserta didik.

Guru maupun dosen harus merancang sedemikian rupa pembelajaran PKn tersebut agar tujuan memperkuat identitas Bangsa Indonesia dapat terwujud.

Menurut Dianti (2023) mengemukakan bahwa pembelajaran PKn yang dapat diberikan kepada mahasiswa untuk memperkuat identitas bangsa, yaitu:

1. Membekali mahasiswa mengenaiateri dasar identitas nasional dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang menarik adalah hal yang dapat dilakukan oleh lendidik ditahap awal.

2. Selanjutnya untuk mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa, pendidik mengarahkan mahasiswa untuk mengeksplor berbagai permasalahan identitas nasional yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dan mendiskusikan faktor penyebab serta upaya penyelesainnya.

3. Terakhir sebagai tugas dari materi identitas nasional ini adalah mahasiswa ditugaskan untuk membuat video salah satu jenis identitas nasional yang juga bisa memasukkan salah satu ciri dari daerah asal masing-masing.

Kemudian mahasiswa diwajibkan untuk mempublikasikan tugas tersebut ke sosial media masing-masing.

Penggunaan media sosial dalam mempublikasikan tugas tentu menjadi nilai lebih bagi mahasiswa yang saat ini tentu tidak bisa lepas dari berbagai sosial media.

Hal ini juga diperkuat oleh pendapat yang dikemukakan oleh Hamisa dkk (2023)
bahwa Memanfaatkan arus digital untuk melestarikan budaya, adanya perkembangan teknologi yang pesat dapat memudahkan kepentingan manusia.

Pemanfaatan arus digital yang cepat dengan media sosial untuk menyebarkan informasi tentang kebudayaan kita sebagai identitas nasional yang dapat dikenal oleh seluruh dunia.(**)