FOCUSKINI.ID, JAKARTA -Putra Abadi, salah satu mitra binaan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, berhasil mencatat prestasi signifikan dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City pada 9-12 Oktober 2024 lalu. Keikutsertaan Putra Abadi dalam TEI 2024 berbuah manis dengan terjalinnya Memorandum of Understanding (MoU) bersama JUTAMAS Food Industries SDN BHD Malaysia senilai 50.000 USD.
TEI 2024 menjadi platform strategis bagi UMKM untuk memasarkan produk berstandar ekspor, memperluas jaringan bisnis, dan memperkuat kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional serta peningkatan daya saing lokal. MoU ini membuktikan bahwa kopi dan produk unggulan Pagaralam memiliki potensi besar di pasar global sekaligus mencerminkan sinergi efektif antara usaha mikro dan mitra internasional. Kerja sama ini membuka peluang ekspansi bisnis dan memperkenalkan kekayaan cita rasa nusantara di tingkat global.
Direktur JUTAMAS Food Industries, Mohamad Zareman, mengungkapkan kekagumannya terhadap produk Putra Abadi setelah mencicipi kopi dan keripik unggulan mereka.
“Cita rasa kopi dan aneka keripik dari Putra Abadi sangat khas dan lezat. Ini yang membuat kami yakin bekerja sama untuk menghadirkan produk ini di pasar kami,” ujarnya.
Pemilik Putra Abadi, Weni Bastian, yang terpilih menjadi salah satu dari 44 UKM binaan Pertamina dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi dalam TEI 2024, mengaku bangga dan bersyukur atas kesempatan tersebut.
“Kami senang dan bangga bisa mengikuti pameran ini, apalagi dengan adanya kerja sama internasional yang membuktikan bahwa produk mitra binaan mampu bersaing di pasar ekspor. Terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan dukungan dan kesempatan berharga ini. Kami berharap kerja sama ini menjadi jalan untuk semakin memperkenalkan produk lokal di kancah internasional,” kata Weni.
Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, menyatakan selain menambah pegalaman, keberhasilan Putra Abadi juga membuka pintu bagi mitra binaan lainnya untuk go global.
“Selamat kepada Putra Abadi atas pencapaian luas biasa ini. Hal ini adalah bukti nyata bahwa produk lokal, khususnya Kopi Pagaralam, mampu berkompetisi di pasar internasional. Partisipasi dalam pameran seperti TEI memberikan pengalaman dan peluang berharga bagi mitra binaan untuk mengembangkan jaringan dan meningkatkan daya saing,” ungkap Nikho.
Dukungan Pertamina dalam kegiatan ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya Tujuan 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, yang mendorong penciptaan peluang usaha berkelanjutan serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha mikro. Selain itu, inisiatif ini juga selaras dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang menjadi pijakan Pertamina dalam mendukung keberlanjutan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di berbagai daerah.(soim)