Baru 41 Ribu Realisasi Sambungan Gas Rumah Tangga

PGN Gencar Sosialisaskan Program GasKita

Ekonomi683 Dilihat

Palembang, Focuskini

Dari target 325 ribu sambungan gas rumah tangga yang terpasang hingga tahun 2026 di Palembang, PGN area Palembang baru bisa merealisasikan saluran sekitar 41 ribu gas sambungan rumah tangga hingga Maret 2023. Hal tersebut dikatakan Area Head PGN Palembang, Agus Muhammad Mirza, Selasa (28/3).

“Realisasi sambungan gas rumah tangga sampai saat ini sekitar 11 persen. Karena itu kita sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan program GasKita. Dengan harapan target bisa meningkat hingga 13 persen di tahun ini,”harapnya.

Dijelaskan Agus, untuk wilayah Palembang program GasKita menyasar rumah tangga yang selama ini menggunakan elpiji 12 kg agar dapat beralih ke GasKita. Pada tahun 2023 PN Area Palembang menargetkan 11 ribu SR. Lokasinya masih dalam survei tapi diutamakan yang dekat dengan pipa eksisting PGN.

“Seperti di daerah Kecamatan Sukarami, Kemuning, lalu Kebun Bunga, 24 Ilir, serta Dwikora,”jelasnya sembari mengatakan saat ini tim masih melakukan survei untuk klaster poject selanjutnya masuk ke hitungan investasi.

Area Head PGN Palembang, Agus Muhammad Mirza  memberikan keterangan ke media.

Ditambahkan Agus penggunaan GasKita akan lebih hemat dari penggunaan gas tabung. Di mana rata-rata konsumsi gas rumah tangga di Palembang sekitar 9 meter kubik per bulan.

“Tarif GasKita ini sendiri sekitar Rp 10 ribu per meter kubiknya. Maka dari itu masyarakat yang berminta dapat mengajukan pemasangan melalui situs resmi PGN,” katanya.

Dijelaskannya, program GasKita menawarkan layanan energi yang praktis, modern, aman, dan suplai gas tersedia 24 jam. Menggunakan jargas juga tidak perlu menggunakan peralatan memasak yang baru, setelah kompor dikoversi ke jargas. Nilai lebih dari gas bumi memberikan kenyamanan dalam menggunakan gas rumah tangga selalu tercukupi.

PGN juga memberikan gratis instalasi pipa sampai dengan kompor maksimal 15 meter, gratis konversi kompor maksimal dua tungku, gratis 1 kali inspeksi dan peralatan pipa, serta asuransi kebakaran.

“Untuk pembayaran pemakaian gas, jargas rumah tangga sistemnnya dibayarkan sebulan sekali sesuai dengan jumlah pemakaian. Tagihan pembayaran gas disampaikan melalui email atau SMS. Kemudian pembayaran dilakukan dengan nomor ID Pelanggan bisa melalui berbagai channel pembayaran,”jelasnya.

Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk dikatakannya, terus meningkatkan layanan digital dalam layanan produknya. Dalam program jaringan gas komersial dan rumah tangga, PGN menyediakan channel pendaftaran online melalui laman pgas.id atau PGN Mobile, guna mempermudah pendaftaran berlangganan jaringan gas rumah tangga “GasKita” yang saat ini sedang gencar disosialisasikan.(soim)