Bogor, Focuskini
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus melakukan inovasi digital dalam menjalankan berbagai proses bisnisnya. Bukan sekedar asal digital, namun yang terpenting adalah ketepatan dalam berinovasi itu.
Development Head Bank CIMB Niaga Philipp Mulyono mengatakan, saat ini CIMB Niaga focus dalam membangun transaksi digital bertujuan menghasilkan keuangan yang berkelanjutan. Terbukti dengan 90 persen nasabah mereka melakukan transaksi melalui Digital Banking CIMB seperti Octo Mobile hingga Juni 2024.
Dengan data tersebut menjadi bukti Mengapa Digital Banking menjadi hal penting di CIMB niaga.
“Trend digitalisasi di CIMB Niaga telah dimulai pada tahun 1986, dimana Bank ini telah mempunyai ATM, lalu pada tahun 2011 CIMB Niaga launching Internet Banking, diteruskan pada tahun 2012 adanya Go Mobile, 2013 launching E-wallet. Pada 2018 kita juga ikut sebagai pionir kehadiran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bekerja sama dengan regulatory seperti Bank Indonesia dan OJK, saat ini kita fokus kepada Getwealthsoon atau investasi cepat dimana Nasabah bisa memulai Investasi hanya melalui Octo Mobile mulai dari Rp. 10 ribu rupiah,” jelasnya dalam kegiatan CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif, Jurnalisme Class dan Workshop, Bogor, Kamis (24/10/2024).
Ia menyadari bahwa digitalisasi itu sebuah keharusan di era modern ini. Tidak bisa tidak, wajib. Digitalisasi sesuatu yang tak bisa dihindari. Apalagi dalam bisnis jasa keuangan seperti ini. Di mana saat ini perkembangannya sangat pesat, terlebih adanya fintech (finacial technology) yang begitu cepat menjamur di negeri ini.
“Semua inovasi digital itu dilakukan dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan masyarakat. Sebelum meluncurkan produk, kita terlebih dahulu memperhatikan dan survei, apa sih yang menjadi kebutuhan masyarakat khususnya nasabah?, jadi ada customer experience-nya dulu,”jelasnya
Dikatakannya, adanya interaksi yang akut antara bank dan fintech ini mengubah cara pandang transaksi masyarakat. Dulu orang mau bikin kartu ke cabang, saat ini cukup di handphone. Melihat zaman yang terus berubah dan persaingan yang semakin ketat ini, CIMB Niaga terus melakukan inovasi yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.
“Walaupun begitu, bagi kami, Inovasi tak harus menjadi yang pertama, tapi menjadi benar yang pertama. Meluncurkan yang benar kepada market,” ungkapnya.
Selaras dengan yang disampaikan Philip Direktur Consumers Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi berkata jika sejak 2018 CIMB Niaga memiliki 5 Piliar penting yang konsisten dilakukan.
Pilar Pertama Playing to Our Strengths, pilar kedua Expanding Casa Franschise, Pilar ketiga Discipline in Cost Management, Pilar ke Empat Preservation of capital and Balanced risk Culture, lalu pilar Kelima Laverage information Tekhnologi.
“Dari kelima Pilar itu, bisa menghasilkan Aspirasi menjadi bank pilihan nasabah Bisnis dan Consumers di Indonesia. Dengan Tujuan menghasilkan keuangan yanng berkelanjutan,” jelasnya.
Bank yang berdiri sejak tahun 1955 dengan layanan perbankan digital yang sangat komprehensif ini, seperti aplikasi digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks bagi nasabah Consumer Banking, serta BizChannel@CIMB yang merupakan internet banking bagi nasabah Korporasi, tak menghilangkan konvensionalitasnya.
“Apalagi Octo Mobile merupakan karya anak bangsa, bukan yang dibuat di Luar negeri. Dengan Octo Mobile dan Produk Digital Banking lainya, CIMB Niaga selalu hadir dalam setiap fase hidup nasabah,” ungkapnya.(soim)