Pick Up dan Sigra Dominasi Penjualan di Sumbagsel

Uncategorized231 Dilihat

Palembang, Focuskini

Pick Up dan Sigra mendominasi penjualan tertinggi di Sumbagsel. Untuk produk Daihatsu Pick Up mencatat penjualan sekitar 32 % kemudian Daihatsu Sigra sebesar 27 % disusul unit – unit lainya seperti Xenia, Terios, Agya dan Grandmax sebesar 26 persen. Hal tersebut dikatakan Kepala Wilayah Astra Daihatsu Sum bagsel(Jambi Bengkulu, Lampung, Babel dan Palembang), Stevan Cristianto didampinggi Kacab Astra Daihatsu Veteran, Darwin, Kacab Astra Daihatsu Plaju, Syatrul dan Kacab Astra Daihatsu Prabumulih, Yusuf Efendy di The 1O1 Hotel Rajawali Palembang, Rabu (19/1).

Dijelaskanya,Pick Up berkontribusi terbesar terhadap penjualan di Sumbagsel dikarenakan faktor Sumsel terkenal dengan komoditinya seperti sawit, karet dan perdagangan sehingga menjadi tulang punggung penjualan di Sumsel. Setelah Pick Up disusul mobil penumpang menempati urutan kedua penjualan. Berbeda dengan penjualan nasional, urutan pertama diduduki oleh mobil penumpang dan Pick Up berada di urutan kedua.

“Sumsel memberikan kontribusi sekitar 8 % terhadap nasional. Kami optimis, tahun ini Daihatsu masih mengandalkan Pick Up untuk peningkatan penjualan,”ujarnya.

Sementara dijelaskannya, secara nasional line up penjualan Daihatsu pada 2022 di dominasi Sigra dan Pick Up. Sigra dengan total 47.066 unit atau berkontribusi sampai 24,9 % dan pickup Gran max (PU) 45.617 dengan kontribusi 24,2 % dan Xenia sebanyak 23.966 unit atau 12,7 %.

Ditambahkannya, Daihatsu sukses mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional selama 14 tahun. Secara persentase, kenaikan raihan penjualan ritel Daihatsu selama 2022 lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Market share Daihatsu juga meningkat 18,6%, atau naik 1,1% dibanding periode sama 2021 lalu sebesar 17,5%.

Capaian tersebut dikatakannya, menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi ranking 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009. Serta mencatat rekor market share tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia.

Salah satu faktor utama kenaikan signifikan pasar otomotif, khususnya Daihatsu berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui PPnBM DTP yang berlangsung sejak selama Kuartal I hingga Kuartal III pada 2022 lalu. Selain itu, faktor pendukung lainnya yang menyebabkan pasar otomotif nasional kembali menembus volume lebih dari 1 juta unit adalah pertumbuhan signifikan permintaan kendaraan pada segmen SUV.

Sepanjang 2022, Daihatsu telah meluncurkan 4 produk terbarunya yang mewarnai industri otomotif Tanah Air, seperti Sirion pada Juni 2022 lalu, disusul Sigra (Juli), Rocky (Agustus), dan GranMax (Agustus).(soim)